0882 1765 3132

Jl. Semolowaru Utara Gg.VIII No.35 - Surabaya

Get Update on our recent Safety & Fashion Boots

Minggu, 24 Juli 2016

Cegah 8 Ancaman Ini Dengan Memakai Sepatu Safety

Semangat Pagi!!

Ketika menyebutkan tentang sepatu kerja, yang terlintas dipikiran kita salah satunya adalah sepatu boot safety. Boot jenis ini, yang memiliki pelindung besi baja dibagian depannya, adalah alat pelindung diri (APD) yang penting di area kerja industri dan konstruksi.

Untuk memilih sepatu yang tepat digunakan di tempat kerja Anda, perhatikan terlebih dahulu resiko apa saja yang mengancam. Seperti misalnya resiko terpeleset, jatuh atau terkena benda tajam yang bisa mengancam. Kemudian pilih sepatu safety yang memberikan perlindungan yang tepat.

Sepatu mungkin bukan menjadi alat pelindung diri yang prioritas jika dibandingkan dengan kacamata ataupun sarung tangan. Tetapi memakai sepatu safety bisa memberikan banyak manfaat.


Fungsi Sepatu Safety
Kaki yang terluka bisa menghambat pekerjan. Memakai sepatu sefty bisa mencegah Anda mengalami cedera kaki.

1. Melindungi dari benda jatuh
Ketika bekerja membawa alat berat atau area kerja yang ramai dengan mesin - mesin, kejatuhan benda adalah resiko umumnya. Sepatu pelindung dengan tambahan besi baja akan efektif mencegah kaki terluka karena hantaman.

2. Melindung dari tusukan benda tajam
Ketika pekerja tanpa sengaja berjalan, menginjak atau terkena benda tajam, sepatu dengan sol tebal adalah pilihan terbaik. Di tempat kerja seperti areal konstruksi misalnya terdapat banyak benda tajam yang bertebaran di jalan. Sepatu biasa dengan sol tipis tidak bisa memberikan perlindungan terbaik untuk Anda.

3. Melindung dari bahaya terpotong
Mesin - mesin yang tajam atau memiliki bagian selalu bergerak bisa memberikan ancaman anggota tubuh terpotong. Pekerja yang bekerja di industri kayu misalnya, bahaya dari gergaji mesin sangat besar. Jika gergaji mesin bersentuhan dengan kaki seseorang, maka dampaknya bisa sangat mengerikan. Boot untuk penebangan kayu dibuat dengan tambahan material tahan potong. Material tambahan itu bisa melindungi kaki pekerja saat menggunakan gergaji kayu. Selain itu sepatu boot kerja ini juga tahan air dan melindungi hingga mata kaki.

4. Melindungi dari bahaya sengatan listrik
Listrik juga memiliki banyak resiko di tempat kerja. Pekerja menghadapi ancaman sengatan listrik, yang bisa membahayakan lingkungan kerja juga. Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan karena sengatan listrik, sepatu pelindung yang cocok adalah yang terbuat dari kulit dan sol karet.

5. Mencegah dari terpeleset, tersandung dan jatuh
Terpeleset, tersandung dan jatuh bisa terjadi di banyak tempat kerja. Bahkan di area kerja seperti perkantoran hal ini biasa terjadi. Hal ini bisa dicegah diantaranya dengan memasang lantai anti selip. Sepatu dengan daya tarik yang kuat bisa mencegah ancaman terjatuh di lingkungan yang basah. Selain itu juga melindungi dari bahaya terjatuh dari tangga.

6. Mencegah kelelahan
Untuk pekerja yang berdiri dalam waktu yang lama, terutama di permukaan keras seperti beton, kelelahan bisa jadi ancaman. Otot di telapak kaki sama seperti otot pada bagian tubuh lain yang bisa lelah. Dan situasi tersebut bisa bertambah parah jika pekerja tidak menggunakan sepatu kerja yang pas. Sepatu dengan bantalan empuk dan lekukan kaki yang pas, bisa membuat pekerja nyaman. Sehingga bisa meredakan tegangan pada bagian kaki. Artinya pekerja tidak akan cepat lelah.

Mencegah ketegangan otot juga akan membantu melindungi terhadap gangguan muskuloskeletal seperti nyeri punggung kronis rendah, juga.

7. Mencegah terjadinya luka bakar
Luka bakar bisa terjadi di tempat kerja, selain dari api bisa juga dari reaksi kimia. Bahkan material yang umum di area konstruksi seperti semen bisa menimbulkan luka bakar juga lho. Sepatu pelindung yang terbuat dari bahan yang tahan lama bisa melindungi kaki Anda. Ancaman seperti percikan bahan kimia, logam cair atau zat berbahaya lainnya bisa dicegah dengan mengunakan sepatu safety.

8. Melindungi dari cuaca ekstream
Kita semua tahu panas yang teramat sangat bisa membakar kulit. Apalagi jika Anda bekerja di medan outdoor yang terkena sinar matahari secara langsung. Terik matahari yang tinggi bisa membuat tempat Anda berjalan menjadi panas. Jika Anda tidak melindungi kaki, bisa jadi kaki Anda ikut melepuh karena panas.

Kesadaran tentang pentingnya memakai alat pelindung diri saat bekerja dimulai dari diri kita sendiri.

UTAMAKAN KESELAMATAN!!!

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter